Puisi Esai

by bimoindro

Puisi esai adalah gabungan dari dua bentuk tulisan, yakni puisi dan esai. Bila dijabarkan, maka puisi esai memiliki dua bentuk pemahaman, yang pertama adalah puisi yang berbentuk esai, atau yang kedua adalah esai yang memiliki nafas puisi.
Contoh puisi esai selanjutnya dapat kita lihat dalam puisi-puisi karangan Denny JA, sebagai salah satu penulis yang mencoba mempopulerkan genre puisi tersebut dalam buku Atas Nama Cinta, di dalamnya terdapat lima puisi yang cukup panjang yang –menurut kriteria yang dikemukakan untuk lomba -minimal terdiri dari 10,000 karakter, cukup panjang bukan?
Tema yang coba ditengahkan dalam puisi-puisi esai adalah tema yang kritis, salah satunya adalah tema sosial. Tema yang diangkat dari fenomena sosial merupakan salah satu tema yang banyak diangkat dalam puisi esai tersebut, di mana realita sosial menjadi acuannya  dan dijadikan sebagai catatan kaki. Catatan kaki ini berfungsi menjelaskan kepada pembaca bahwa peristiwa-peristiwa yang diketengahkan merupakan fakta.
Isi dari puisi esai tidak harus disajikan secara faktual, namun tetap menyajikan unsur puitis dalam bahasanya, karena pusis esai juga termasuk ke dalam jenis tulisan fiksi. Kriteria lain yang diharapkan muncul dalam puisi esai ini adalah bahasa yang komunikatif, di mana keindahan bahasa bukan hanya dilihat dari permainan kata-kata, penggunaan rima, majas, dan unsur-unsur lain yang banyak dipakai dalam puisi pada umumnya, tetapi juga dipandang dari sisi kejelasan makna, khususnya bagi para pembaca. Pencapaian puisi esai adalah dapat dipahami oleh masyarakat secara luas.
Harapan tersebut muncul disebabkan oleh banyaknya puisi bagus yang hanya dipahami oleh penulisnya sendiri, atau paling tidak oleh sesama penyair. Sedangkan masyarakat dengan berbagai macam latar lainnya banyak yang kurang memahaminya.
Pengertian yang tertera di atas merupakan usaha pemahaman  bebas dari saya, setelah setidaknya membaca artikel-artikel yang berkaitan dan tentunya beberapa puisi esai yang disuguhkan dalam media-media jaringan. Berikut akan kami suguhkan berupa tautan*, satu contoh puisi esai guna pemahaman lebih dalam oleh para pembaca sekalian.

Romi dan Yuli dari Cikeusik, oleh Denny JA

sumber: puisiesai

*puisinya agak panjang

About these ads